Sejak beberapa waktu yang lalu, website http://umarsaid.free.fr/ sudah mengalami sekadar perbaikan atau perobahan, untuk membantu memudahkan para pengunjung website meng-akses berbagai website. Untuk itu telah ditambah menu-menu yang menampilkan banyak suratkabar nasional dan daerah, dan sejumlah website berbagai media-online. Juga ada rubrik partai politik, dengan website partai-partai politik yang penting-penting, di samping sejumlah LSM.

Ada rubrik yang cukup besar yang berisi berbagai bahan bacaan tentang Bung Karno, dengan tujuan untuk turut berpartisipasi dalam mengenang bersama-sama kebesaran tokohnya dan keagungan ajaran-ajaran revolusionernya serta jasa-jasanya sebagai bapak dan pemersatu bangsa.
Rata Penuh
Sebagai tanda turut-serta dalam mendukung berkembangnya gerakan extra-parlementer di Indonesia, disediakan juga rubrik “Extra-parlementer”, dengan menampilkan website dari sejumlah gerakan atau kegiatan extra-parlementer.

Mengikuti jejak Bung Karno yang sejak muda sudah berusaha mempelajari Marxisme, maka disediakan juga rubrik Marxisme yang menghidangkan berbagai sejarah dan pandangan tentang Marxisme di Indonesia dan di dunia. Di situ terdapat juga bahan tentang Tan Malaka dan sebagian dari sejarah PKI.

Untuk memudahkan mereka yang tertarik untuk mengikuti perkembangan atau persoalan gerakan progresif (atau gerakan kiri) di dunia, disediakan rubrik “Internasional”. Dengan menyimak rubrik ini, maka akan didapat gambaran tentang berbagai soal yang berkaitan dengan gerakan kiri atau gerakan progresif berbagai negeri di dunia.

Karena masalah Islam adalah soal yang penting di Indonesia, maka disediakan rubrik Islam yang cukup besar, sebagai sarana untuk mendapat pandangan tentang Islam ini dari berbagai sudut pandang.

Semua rubrik dalam menu website tersebut di atas hanya mencakup sebagian kecil sekali dari setiap masalah. Sebagian terbesar sekali bahan-bahan dalam website ini juga bisa dicari dalam Google. Website ini hanya setapak untuk membantu memudahkan mendapatkannya, walaupun hanya sebagian kecil. Kalau diperlukan bahan tambahan lainnya, maka tentulah bisa dicari dalam Google.

Rubrik-rubrik dalam website ini akan dirobah, diperbaiki, atau ditambah, menurut kebutuhan dan kemungkinan. Saran-saran dan pendapat dari siapa saja tentang website ini sangat diharapkan.



diposting oleh : A. Umar Said

0 Comments:

Post a Comment