Wisata Lumajang - Nama Lumajang sendiri berasal dari nama tempat "Lamajang" yang diketahui dari penelusuran sejarah, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya. Lumajang adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya adalah Lumajang. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Lumajang memiliki cukup banyak lokasi wisata mungkin sebagian orang tidak tahu dimana letak Lumajang yang juga terkenal dengan sebutan Kota Pisang ini, tapi patut harus anda ketahui bahwa di Lumajang terdapat segudang potensi wisata yang sangat luar biasa.

Nah pada postingan kali ini sahabat Wisata Asri akan mengupas seputar 24 Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

1. Gunung Semeru
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Wisata paling terkenal di daerah lumajang ini ya gunung semeru. Gunung semeru berada di kawasantaman nasional bromo tengger semeru, yang merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di antara 4 kabupaten yaitu kabupaten pasuruan, kabupaten malang, kabupaten lumajang, dan kabupaten probolinggo. Jadi bisa dikatakan gunung semeru ini dimiliki oleh keempat kabupaten tersebut. Bagi anda pecinta alam atau yang suka mendaki gunung, belum lengkap rasanya jika anda belum bisa menaklukkan puncak semeru ini.

2. Gunung Lamongan
 http://wisatasri.blogspot.co.id/
Gunung Lamongan yang punya keindahan panorama seperti semeru sedikit bocoran, katanya gunungâ lamongan ini merupakan replika atau miniatur dari gunung semeru, Keindahannya tak jauh berbeda dari semeru, tapi perbedaan adalah pada ketinggian yang lebih rendah yaitu sekitar 1651 mdpl. Cocok buat kamu yang sedang persiapan untuk menanklukkan mahameru. Keindahannya alamnya juga tak kalah cantik. Disini matamu akan dimanjakan dengan keindahan triangle lake yaitu ranu klakah, ranu pakis dan ranu bedali. Disebut triangle lake karena memang ranu-ranu tersebut jika dihubungkan akan membentuk segitiga. Lokasi gunung lamongan ini berada pada daerah klakah kawasan utara lumajang.

3. Puncak Gunung B29
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Puncak Gunung B29 terletak di desa Argosari Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Disebut B29 karena letak puncaknya pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut. Kawasan B29 ini masih menjadi bagian kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pemandangan di puncak B29 sangat istimewa, itulah mengapa sampai disebut sebagai Negeri Di Atas Awan. 

4. Cuban Sewu 
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Lokasi Coban Sewu sendiri berada di perbatasan antara Malang dan Lumajang. Mungkin dari kalian baru ada yang mendengar wisata air terjun ini, pasalnya sih Coban Sewu awalnya disembunyikan oleh penduduk sekitar, lantaran takut tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat seperti wisata Goa tetes.

Namun, kini warga sudah memperbolehkan pengunjung untuk datang, hal ini karena pemerintah setempat sudah serius merawat wisata alam lainya yang berada di sekitar.

Air terjun Coban Sewu merupakan air terjun paling indah menurut tongkrongin.com, hal ini karena Coban Sewu memiliki area air terjun yang cukup luas dan tinggi, selain itu keindahan tebing dan jernihnya air membuat wisata ini tidak boleh dilewatkan saat Kamu berada dilumajang. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang menamakan Coban Sewu sebagai Surga yang tersembunyi

Bagi Kamu yang ingin mendatangi wisata air terjun ini. namun tidak tahu rutenya, berikut akan Kami uraikan secara rinci lokasi serta rute perjalanannya.

5. Ranu Pane
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Ranu Pani adalah objek wisata di jawa timur yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (tnbts), sebuah danau hijau seluas 1 hektar. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru Mahameru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah. dan menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi pecinta Pendakian Ke Gunung Semeru karna danau ranu pane merupakan lokasi (tempat) transit trekking Pendakian Ke Ranu Kumbolo dan jalur hiking ke gunung semeru (3.767m dpl), dan bisa di katakan jalur melalui ranu pane ini adalah jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi.

6. Ranu Regulo
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Di Kawasan pegunungan Wisata Bromo Tengger-Semeru di Jawa Timur memiliki danau indah yang tersembunyi yang lokasinya dekat dengan Ranu Pane, yaitu desa dan pos masuk jika pengunjung ingin melakukan pendakian ke Puncak Gunung Semeru maupun jika ingin mendaki sekedar ke obyek wisata Bromo Ranu Kumbolo. Di lereng Gunung Semeru ada 2 danau alami lainnya yaitu Ranu Pane dan Ranu Kumbolodengan keindahannya yang khas untuk masing-masing danau. Ada dua jalur yang umum untuk menuju Ranu / danau ini yaitu melalui jalur Kota Malang menuju Tumpang, dilanjutkan sampai ke Gubug Klakah dan Ngadas untuk mencapai Ranu Pane. ALternatif lain melalui Kabupaten Lumajang, melalui Senduro langsung menuju ke desa Ranu Pane.

7. Ranu Kumbol
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak di ketinggian 2.400 meter dpl, Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke Mahameru, puncak Gunung Semeru. Dengan debit air yang melimpah dan tak pernah surut, Ranu Kumbolo menjadi titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda.

Keindahan Ranu Kumbolo memang tak perlu diragukan lagi. Di sana, para pendaki biasanya berburu sunrise yang memang begitu mengagumkan. Matahari pagi muncul di sela-sela dua bukit hijau berpadu dengan beningnya air danau menjadi sebuah panorama yang tak terucap.

8. Ranu Lading
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Ranu Lading Merupakan salah satu obyek wisata danau yang memang banyak terdapat di kab. Lumajang . Obyek ini terletak di tengah-tengah kebun kopi peninggalan Belanda, di atas danau ini masih berdiri rumah peninggalan Belanda/Loji yang masih terawat. Obyek ini terletak di desa Papringan Kec. Klakah, sekitar 25 Km kearah utara kota Lumajang. Objek wisata yang ada di tengah-tengah kebun kopi peninggalan Belanda. Di samping danau maish berdiri loji atau rumah peninggalan Belanda yang masih terawat.

9. Ranu Klakah
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Objek Wisata Ranu Klakah terletak di Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah dengan jarak tempuh 20 km dari kota Lumajang. Objek ini berada pada ketinggian 900 m dpl dengan luas 22 ha dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian 1.688 m dpl. Tempat ini didukung udara yang sejuk dan segar yang dapat membunuh segala kepenatan. Selain itu terdapat banyak penjual buah-buahan khas Klakah yang dijual di sepanjang jalan raya.

10. Ranu Pakis
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Beranjak dari Ranu Klakah, 10 menit perjalanan akan sampai ke Ranu Pakis. Objek wisata Danau ini terletak di Desa Ranu Pakis dengan jarak 20,5 km, mempunyai ketinggian 600 m dpl dengan luas danau 50 ha dan kedalaman 26 m. Masih dilatar belakangi Gunung Lamongan dan tampak lebih dekat, serta kondisi alam yang alami. Terdapat budi daya Ikan di Ranu ini, diantaranya Mujaher dan Nila yang ditempatkan dengan sistem keramba jaring apung.

11. Ranu Bedali
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Danau yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m. Keunikan dari danau ini terletak dari permukaan airnya yang berada jauh di bawah permukaan tanah. Sehingga untuk mencapai daratan tepi danau dibutuhkan tenaga yang prima dan kehati-hatian yang tinggi. dengan jarak 7 km dari Ranu Pakis, kita sampai pada Ranu Bedali di Kecamatan Ranuyoso. Dengan ketinggian 700 m dpl dengan luas danau 25 ha, berkedalaman 28 m. Berebeda dari dua Ranu sebelumnya, yang menarik dari Ranu ini adalah letak permukaan air yang berada jauh dari bawah permukaan tanah. 

12. Pantai Watu Godeg 
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Wisata pantai watu godeg terletak di kecamatan tempursari, di wilayah kabupaten lumajang ujung selatan. Tepatnya di desa bulurejo, ber jarak  8 km dari kecamatan tempursari atau 80 km dari pusat kota lumajang. Dengan adanya jalan tembus pasirian -tempursari jaraknya dapat diperpendek menjadi 12 km dari kecamatan pasirian. Panorama dipantai ini sangat indah, pemandangan laut lepas dengan latar belakang bukit serta ditunjang dengan batu besar dipantai bila terkena ombak seperti bergoyang, godek (geleng kepala).

13. Pantai Bambang 
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Pantai bambang terletak di pantai selatan, ombaknya besar bisa mencapai tiga meter. berlokasi di desa bago kecamatan pasirian, 24 kilometer dari kota lumajang. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dengan akses jalan beraspal. Konon pantai bambang adalah tempat bersemayamnya nyi roro kidul. Pantai bambang atau dalam bahasa jawanya segoro bambang. Pantai ini berada di desa bago, kecamatan pasirian, ya kurang lebih 24 km dari pusat kota lumajang. Jika anda berada di pantai ini sebaiknya berhati-hati karena ombak di pantai bambang ini tergolong besar, mencapai 3 meter, seperti pantai parangtritis yang ada di yogyakarta.

14. Pantai Tlepuk
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Pantai Tlepuk adalah pantai dengan panorama yang indah dan deburan ombak yang menakjubkan. Ditambah algi, pantai ini memiliki rawa yang sangat ideal sebagai tempat pemancingan. Tempat ini mudah dijangkau terletak di kecamatan pasirian sekitar 31 km arah selatan kota Lumajang. Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa memanfaatkan waktu dengan berenang, berjemur, memancing, voli pantai atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati gelitik pasir putih dan udara khas pantai yang semilir dan romatis.  Pantai dengan panorama indah dan deburan ombak yang menakjubkan. Memiliki rawa yang sangat ideal untuk pemancingan. 

15. Goa Tetes
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Goa tetes merupakan wisata goa yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam. Letaknya di desa sidomulyo kecamatan pronojiwo, sekitar 55 km ke arah selatan lumajang. bagi anda yang menyukai wisata goa, tempat wisata goa tetes ini dapat menjadi tujuan wisata yang sangat menarik. Kesan pertama ketika anda datang ke tempat ini tentu akan sangat menakjubkan karena memang medan yang harus anda lalui cukup menantang dan akan terbayar ketika anda sampai di tempat wisata ini. Goa ini dihiasi dengan stalaktit dan juga stalakmit dengan warna yang beranekaragam. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini, perlu untuk anda ketahui bahwa goa tetes terletak di desa sidomulyo, kecamatan pronojiwo dan memiliki jarak tempuh sekitar 55 km dari pusat kota lumajang.

16. Goa Bima
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Goa Bima terletak di desa Bades Kecamatan Pasirian kurang lebih 8 km jalur timur dan 11 kilo dari jalur barat, dimana lokasi tersebut merupakan berbatasan antara tiga desa yakni desa Bades dengan desa Gondoruso dan desa Bago, jarak tempuh bisa lewat dua arah yaitu jalur timur (melewati desa condro, bago dan kajaran) dan jalur barat (pasirian, kalibendo, Bades, Gondoruso, Dampar), semuanya bisa dilalui kendaraaan bermotor. Objek ini masih alami karena belum banyak terjamah dan goa ini diyakini tempat terbaik untuk pertapa dan di dalam goa tersebut dapat dijumpai batu seperti bekas bertapa.

17. Air Terjun Manggisan
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Air terjun manggisan terletak di desa kandangan kecamatan, senduro 22 km jarak dari kota lumajang. Bagi yang gemar hiking, air terjun manggisan cocok sekali, aksesnya masih jalan setapak. Tinggi air terjun ini ada 21 meter. Tidak membahayakan dan sangat menyenangkan untuk mandi disini. Lumajang punya segudang wisata air terjun yang eksotis. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya.

18. Air Terjun Coban Pawon
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Terletak di desa Kertowono kecamatan Gucialit berjarak 20 km dari Kota Lumajang. Keunikan air terjun ini dengan antrukan yang ada di dalam goa menyerupai pawon (tempat memasak), setiap percikannya diyakini dapat membantu penyembuhan kulit. Air terjun Coban Pawon/Antrukan Pawon Terletak di Ndusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Keunikan air terjun ini adalah antrukannya berada didalam goa yang menyerupai pawon (dapur tempat memasak). Akses lebih cepat menuju ke lokasi tersebut dari arah utara sebelum Terminal Minak Koncar Lumajang ada pertigaan belok kanan menuju Desa Kertowono.

19. Pemandian Alam Selokambang 
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Pemandian alam selokambang  terletak di desa purwosono kecamatan sumbersoko, berjarak dari 7 km ke barat lumajang atau 15 menit perjalanan. Pemandian ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit reumatik. Aktivitas yang dapat dilakukan selain olah raga renang, juga dapat menikmati sarana permainan anak, berperahu, sepeda air, olah raga tenis. Berbagai macam kedai yang menjanjikan makanan tradisional siap untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga disamping itu ditunjang areal parkir yang cukup luas dan representatif

20. Kebun Teh Kertowono Gucialit
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Perkebunan Teh Kertowono yang terletak di Desa Gucialit Kecamatan Gucialit sekitar 20 Km dari Kota Lumajang. hamparan kebun Teh yang sangat luas, Pabrik Teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi dengan baik menambah keindahan obyek wisata ini. dimulai dengan pabrik teh dan perkebunan teh gucialit milik nusantara yang berada di kawasan pegunungan gucialit. Lalu terdapat pabrik gula dan perkebunan tebu milik nusantara yang berada pada kawasan jatiroto yang sudah ada sejak zaman belanda.

21. Watu Pecak
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Objek wisata ini ada di desa Selok Awar-awar kecamatan Pasirian 18 km dari kota Lumajang. Letaknya ada di timur pantai Bambang dan digunakan sebagai tempat melasti atau sesuci bumi Umat Hindu Dharma di Bali. Upacara dilakukan dalam perayaan hari raya nyepi dan menyambut tahun baru, agar mereka benar-benar suci lahir dan batin. Pada hari raya nyepi, akan digelar di Pura Mandaragiri Giri, Senduro.

22. Hutan Bambu
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Terletak di desa Sumber Mujur kecamatan Candipuro, 30 km dari kota Lumajang.. Luas 14 ha dengan hamparan pohon bambu yang luas, juga terdapat banyak kera (untuk anda yang ingin menyamakan muka) dan kalong (pteropus vampirus). Hutan Bambu Sumbermujur ini terlihat elok dan sama sekali tidak ada kesan angker seperti jika anda mendengarnya. Areal sekitarnya terasa sejuk sepanjang hari. Selama di dalam Pengunjung dijamin tidak akan terkena sengatan sinar matahari, meski datang siang hari bolong yang panas. Sorotan matahari bisa diredam oleh daun – daun bambu yang rimbun. Memasuki hutan bambu ini bak menyeruak sebuah terowongan raksasa.

23. Pura Mandaragiri Semeru Agung
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Pura ini adalah pura yang paling dituakan oleh masyarakat Hindu. Hampir setiap hari, ada masyarakat Bali yang berdoa di Pura ini, apalagi di hari-hari libur. Puncaknya saat piodalan (ulang tahun Pura) sekitar bulan Juli. Ribuan masyarakat Bali membanjiri Pura ini dan berdoa, serta menampilkan kesenian-kesenian Bali.

24. Agro Wisata Bunga
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Agro wisata Bunga terletak di Desa Wotgalih, Krai, dan Karanganyar Kecamatan Yosowilangun, 25 kilometer dari Kota Lumajang. Di tempat ini, wisatawan bisa berburu oleh-oleh bunga hasil budidaya warga. Maklum, di tiga desa ini, warganya sebagian besar aktif mengembangkan usaha budidaya bunga. Karena inisiatif pengembangan ini pula, nuansa yang muncul di tempat ini juga terasa sangat memanjakan mata. Karena lingkungannya terasa asri dan menyegarkan.

25. Kolam Renang Veteran
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Kolam Renang Veteran Lumajang adalah kolam renang yang berada di jl, Veteran Lumajang yang mempunyai luas 2 ha dan kolam renang ini sering dipakai perlombaan kabupaten, baik nasional. Kolam Renang ini sering dipakai oleh anak anak les renang. Kolam renang ini mudah dijangkau karena letaknya di sekitar jalan raya. Terdapat kolam dewasa dan kolam anak-anak dengan harga tiket yang cukup terjangkau.
  
26. Water Park KWT (Kawasan Wonorejo Terpadu)
http://wisatasri.blogspot.co.id/
Kolam renang terbaru di Lumajang yang terletak di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) desa Wonorejo, kecamatan Kedungjajang 7 dari Lumajang ke arah utara. Kolam ini dilengkapi dengan arus air, sarana luncuran dan sarana lain yang menarik. Selain kolam renang, aktivitas lain yang daat dinikmati adalah kereta gantung, komedi putar dan fasilitas bom-bom car.

Terimakasi telah berkunjung, jangan lupa shere ye…

Sumber: Wisata Asri

0 Comments:

Post a Comment